Jumat, 20 Juli 2012

KKKS IKABARA BANJARNEGARA MENGGELAR DIKLAT PK GURU BAGI KEPALA SEKOLAH

Harry Utomo, S.Pd

Profesi guru perlu dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru. Selain itu, agar fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan. PK Guru ini akan dilaksanakan secara teratur dan terus menerus bagi semua guru di Indonesia. Hasil PK Guru diharapkan dapat bermanfaat untuk menentukan berbagai kebijakan yang terkait dengan peningkatan mutu dan kinerja guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan dalam menciptakan insan yang cerdas, komprehensif, dan berdaya saing tinggi. PK Guru merupakan acuan bagi sekolah/madrasah untuk menetapkan pengembangan karir dan promosi guru. Bagi guru, PK Guru merupakan pedoman untuk mengetahui unsur-unsur kinerja yang dinilai dan merupakan sarana untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan individu dalam rangka memperbaiki kualitas kinerjanya.
Widodo,S,Pd

Drs. Slamet Tri Hartanto
Untuk itu, K3S Ikabara pada tanggal 17-19 Juli 2012 telah melaksanakan Pelatihan bagi Kepala Sekolah sebagai Asesor PK Guru yang bertempat di Balai Penelitian dan Pengembangan Banjarnegara. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara yang diwakili oleh Widodo, S.Pd, Kepala UPT Dindikpora Kecamatan Banjarnegara Trisno, S.Pd,M.Pd, dan segenap Kepala Sekolah se-Kecamatan Banjarnegara,
Hari Utomo, S.Pd sebagai ketua penyelenggara mengatakan bahwa pelatihan ini dibiayai oleh Blockgrant PK Guru untuk KKKS melalui LPMP Jateng dan swadaya. Kegiatan ini bertujuan:
  1. Meningkatkan aktivitas kelompok kerja terkait dengan upaya pembinaan dan pengembangan profesi dan karir  guru;
  2. Menjaga dan meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru  dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya PK Guru bagi guru dalam meningkatkan kinerja;
  3. Mempersiapkan  penilai PK Guru   melalui kegiatan pelatihan Penilaian Kinerja Guru.

    Adapun manfaat dari pelatihan ini adalah:

  1. Meningkatkan penguasaan dan kualitas kompetensi guru;
  2. Meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah  peserta;
  3. Meningkatkan kualitas  layanan pendidikan di kelompok kerja;
  4. Meningkatkan kualitas KKKS sebagai  wahana peningkatan kemampuan dan profesionalitas guru.   
Pemateri dari Widyaiswara LPMP Jawa Tengah Drs. Slamet Tri Hartanto yang merupakan National Core Team (NCT) PK Guru dan narasumber lokal Banjarnegara.

Peserta Diklat
Pelatihan Kepala Sekolah dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut.
Tahap pertama:
Para peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan, dan harapan yang akan dicapai dalam Pelatihan.
Tahap kedua:
Peserta diberi penjelasan tentang semua peraturan dan kebijakan yang terkait dengan Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru: PKGuru, PKB, Program Induksi bagi Guru Induksi, Pendidikan Karakter Bangsa
Tahap ketiga:
Peserta diberi penjelasan tentang gambaran secara menyeluruh pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Pada tahap ini peserta juga diberikan Latihan dan Tugas Mandiri melakukan PK Guru.
Tahap keempat:
Peserta secara rinci diberi gambaran secara menyeluruh pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Pada tahap ini peserta juga diberikan Latihan dan Tugas Mandiri melakukan PKB.
Tahap kelima:
Penyusunan Rencana Tindak Lanjut kegiatan PK Guru. Peserta menentukan 5 orang guru yang akan dilakukan PK Guru.
Studio Multi Media Balitbang Banjarnegara tempat Diklat PK Guru
Materi pelatihan PERHITUNGAN ANGKA KREDIT HASIL PENILAIAN KINERJA GURU, dapat Anda baca kembali pada postingan yang lalu. Atau dapat klik di sini.

2 komentar:

Sang Iswara mengatakan...

Selamat melakukan rintisan Penilaian Kinerja Guru agar guru di Banjarnegara menjadi profesional, bermartabat, dan sejahtera. Hanya guru yang profesional dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas..

Mas Harry mengatakan...

Siap Pak, semoga kami dan rekan-rekan K3S Ikabara Kecamatan Banjarnegara bisa melaksanakan PK Guru. Terima kasih pencerahannya di Banjarnegara, dan terima kasih telah berkenan berkunjung ke blog kami.