Download Kisi-kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI Bahasa Indonesia Tahun 2012 dalam file .doc silahkan klik disini
1. BAHASA INDONESIA SD/MI
NO. | KOMPETENSI |
INDIKATOR
|
1.
|
MembacaMembaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumumsn, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama anak. | Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:• menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa)
• membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf • menentukan ide pokok salah satu paragraf • menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf. |
Disajikan gambar kemasan obat yang terdapatpetunjuk pemakaiannya, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur. | ||
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yangdiacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat. | ||
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapatmenentukan kalimat saran dengan tepat. | ||
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapatmenentukan isinya. | ||
Disajikan teks drama, siswa dapat:• menentukan tokoh utama
• menentukan latar • menentukan amanatnya. |
||
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswadapat menentukan kalimat utamanya. | ||
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkanisinya. | ||
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:• menentukan makna yang terkait di dalamnya
• mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat. • Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam paragraf. |
||
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasiyang disajikan. | ||
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai ilustrasiyang disajikan. | ||
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yangterkandung di dalamnya. | ||
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukanpersamaannya | ||
Disajikan jadwal perjalanan beberapa nama kereta apiberbagai jurusan, siswa dapat:
• membuat pernyataan sesuai isi jadwal • menentukan kereta tertentu yang berangkat/datang lebih cepat/lambat sesusi isi jadwal |
||
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksudyang terkandung di dalamnya. | ||
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapatmenyimpulkan isinya. | ||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:• menentukan isinya • memperbaiki kalimat yang salah strukturnya. | ||
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapatmenentukan topiknya. | ||
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:• menentukan ringkasannya
• menentukan temanya • menentukan pesan yang terkandung di dalamnya. |
||
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:• menentukan parafrase yang tepat • menentukan makna kata pada puisi yang disajikan. | ||
2.
|
MenulisMengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun | Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak,siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut. |
• Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.• Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat. • Disajikan kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi dengan kata gabung yang tepat. | ||
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belumlengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat. | ||
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat suratyang disajikan. | ||
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap,siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang tepat. | ||
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yangbelum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat. | ||
Disajikan formulir dan data isian, siswa dapatmelengkapi formulir sesuai dengan data yang disajikan. | ||
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswadapat:
• melengkapi dengan kalimat yang tepat • memperbaiki kalimat yang ejaannya salah. |
||
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat katayang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju. | ||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkanejaan yang salah. | ||
Disajikan data, siswa dapat menentukan kalimatlaporan sesuai data. | ||
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap dibagian isi, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat. | ||
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusunsebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar. | ||
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapidengan kalimat yang tepat. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar