Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2011/2012

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012


Download Kisi-kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI Bahasa Indonesia Tahun 2012 dalam file .doc silahkan klik disini
1.  BAHASA INDONESIA SD/MI
NO. KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
MembacaMembaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumumsn, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama anak. Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:• menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa) • membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf
• menentukan ide pokok salah satu paragraf
• menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.
Disajikan gambar kemasan obat yang terdapatpetunjuk pemakaiannya, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yangdiacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapatmenentukan kalimat saran dengan tepat.
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapatmenentukan isinya.
Disajikan teks drama, siswa dapat:• menentukan tokoh utama • menentukan latar
• menentukan amanatnya.
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswadapat menentukan kalimat utamanya.
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkanisinya.
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:• menentukan makna yang terkait di dalamnya • mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.
• Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam paragraf.
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasiyang disajikan.
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai ilustrasiyang disajikan.
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yangterkandung di dalamnya.
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukanpersamaannya
Disajikan jadwal perjalanan beberapa nama kereta apiberbagai jurusan, siswa dapat: • membuat pernyataan sesuai isi jadwal
• menentukan kereta tertentu yang berangkat/datang lebih cepat/lambat sesusi isi jadwal
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksudyang terkandung di dalamnya.
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapatmenyimpulkan isinya.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:• menentukan isinya • memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapatmenentukan topiknya.
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:• menentukan ringkasannya • menentukan temanya
• menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:• menentukan parafrase yang tepat • menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
2.
MenulisMengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak,siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
• Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.• Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat. • Disajikan kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi dengan kata gabung yang tepat.
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belumlengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat suratyang disajikan.
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap,siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang tepat.
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yangbelum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Disajikan formulir dan data isian, siswa dapatmelengkapi formulir sesuai dengan data yang disajikan.
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswadapat: • melengkapi dengan kalimat yang tepat
• memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat katayang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkanejaan yang salah.
Disajikan data, siswa dapat menentukan kalimatlaporan sesuai data.
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap dibagian isi, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusunsebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapidengan kalimat yang tepat.
Download Kisi-kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI Bahasa Indonesia Tahun 2012 dalam file .doc silahkan klik disini

Tidak ada komentar: