Beberapa hari yang lalu BSNP telah mengeluarkan Kisi-Kisi Ujian
Nasional SD Tahun Pelajaran 2011/2012 melalui Peraturan Badan Standar
Nasional Pendidikan Nomor 013/P/BSNP/XII/2011, lengkap dengan
Permendiknas tentang Kriteria Kelulusan UN dan POS UN 2011/2012 (download di sini).
Pemerintah mengeluarkan kisi-kisi itu bermaksud agar para siswa dan
guru siap menghadapai UN sehingga hasilnya memuaskan, tidak hanya lulus
UN.
Setelah dicermati dengan saksama terdapat perbedaan yang signifikans
antara SKL UN 2010/2011 dengan Kisi-Kisi UN 2011/2012. Untuk mapel
Bahasa Indonesia ada perubahan 90%, Matematika 70%, dan IPA 50%. Dibawah
ini kami sajikan perbedaan itu (khusus Matematika dan IPA, maaf yang
Bahasa Indonesia belum sempat mencermati)
Perbedaan Kisi-Kisi UN SD
1.
Matematika
No.
|
No.
indk
|
Kisi-Kisi
UN lama
|
No.
indk
|
Kisi-Kisi
UN baru
|
Keterangan
|
1.
|
1.
2.
|
Siswa
dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada
bilangan cacah.
Siswa dapat
menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah.
|
1.
|
Siswa
dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah.
|
Perubahan
dari khusus ke umum
|
2.
|
4.
|
Siswa
dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi
hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah
|
2.
|
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran
bilangan cacah
|
Hitungan
baku à soal cerita
|
3.
|
15.
16.
|
Siswa
dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan perbandingan.
Siswa dapat
menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan perhitungan skala.
|
6.
|
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan
dengan skala atau perbandingan lainnya.
|
Ada
penggabungan indikator
|
4.
|
|
|
7.
|
Siswa
dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan
dari besar
ke kecil atau sebaliknya.
|
Baru
|
5.
|
11.
13.
|
Siswa
dapat menentukan nilai KPK dari tiga bilangan dua angka.
Siswa dapat
menentukan nilai FPB dari tiga bilangan
dua angka.
|
8.
9.
|
Disajikan
dua buah bilangan, siswa dapat menentukan KPK atau FPB dalam bentuk
faktorisasinya.
Disajikan
tiga buah bilangan dua angka, siswa dapat
menentukan
FPB atau KPK-nya.
|
Ada
penggabungan indikator
|
6.
|
17.
|
Siswa
dapat menentukan hasil operasi hitung
penjumlahan
atau pengurangan bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua
|
12.
|
Siswa
dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan
pangkat dua.
|
Pengurangan
indikator
|
7.
|
|
|
13.
|
Siswa
dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat
tiga dari
suatu bilangan pangkat tiga.
|
Baru
|
8.
|
|
|
14.
|
Siswa
dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan
penarikan akar pangkat tiga.
|
Baru
|
9.
|
19.
20.
|
Siswa
dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi
hitung penjumlahan atau pengurangan pada dua satuan waktu yang berbeda.
Siswa dapat
menyelesaikan permasalahan sehari-hari
yang
berkaitan dengan penjumlahan atau
pengurangan
pada tiga satuan panjang yang berbeda.
|
15.
|
Siswa
dapat menentukan hasil penjumlahan dan
pengurangan
ukuran waktu dengan satuan yang berbeda
atau ukuran
panjang satuan panjang yang berbeda yang
disajikan
dalam soal cerita sederhana.
|
Ada
penggabungan indikator dan tidak ditentukan banyaknya satuan waktu dan satuan
panjang
|
10.
|
23.
|
Siswa
dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi
hitung dari dua satuan volume yang berbeda
|
16.
|
Siswa
dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan
dengan
satuan debit atau satuan volum
|
Banyak
satuan volume tidak ditentukan, tambahan debit
|
11.
|
21.
22.
|
Siswa
dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi
hitung dari tiga satuan berat yang berbeda.
Siswa dapat
menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung
dari dua satuan luas yang berbeda.
|
17.
|
Siswa
dapat menentukan penyelesaian masalah yang
berkaitan
dengan ukuran berat atau satuan luas
|
Ada
penggabungan indikator dan tidak ditentukan banyaknya satuan berat dan satuan
luas
|
12.
|
25.
|
Siswa
dapat menentukan nama suatu bangun datar berdasarkan sifat-sifat bangun yang
diketahui.
|
19.
|
Siswa
dapat menentukan bentuk bangun datar dari
beberapa
sifat-sifat bangun yang disajikan atau
sebaliknya.
|
Soal
bisa kebalikannya (menentukan nama bangun atau sifat-sifat bangun
|
13.
|
26.
|
Siswa
dapat menentukan banyak sisi atau titik sudut dari suatu gambar bangun ruang
yang disajikan
|
17.
|
Siswa
dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada
bangun
ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau
rusuk).
|
Tambahan
tentang rusuk
|
14.
|
|
|
22.
|
Siswa
dapat menentukan satu pasang bangun yang sama
dan
sebangun dari beberapa gambar yang disajikan.
|
Baru
|
15.
|
33.
|
Siswa
dapat menentukan bentuk jaring-jaring kubus atau balok
|
23.
|
Siswa
dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun
ruang.
|
Jenis
bangun ruang tidak ditentukan
|
16.
|
|
|
24.
|
Disajikan
gambar bangun datar dengan ukuran yang
ditentukan
siswa dapat menghitung luasnya.
|
Baru
|
17.
|
32.
|
Siswa
dapat menentukan luas dari gabungan dua bangun datar yang disajikan gambar
beserta
ukurannya.
|
25.
|
Siswa
dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari
dua bangun
datar sederhana.
|
Ada
tambahan indikator
|
18.
|
|
|
26.
|
Siswa
dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal
setengah
lingkaran).
|
Baru
|
19.
|
34.
|
Siswa
dapat menentukan volume dari bangun ruang sisi datar (balok atau kubus) yang
disajikan gambar beserta ukurannya.
|
27.
|
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan
volum kubus atau balok.
|
Dibuat
soal cerita
|
20.
|
|
|
28.
|
Siswa
dapat menentukan volume prisma segitiga dari
suatu
gambar yang ukurannya diketahui.
|
Baru
|
21.
|
|
|
29.
|
Siswa
dapat menentukan volume tabung dari suatu
gambar
tabung yang ukurannya diketahui.
|
Baru
|
22.
|
36.
|
Siswa
dapat menentukan nama bangun datar yang terbentuk dari titik-titik koordinat
yang diberikan.
|
30.
|
Diberikan
beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat salah
satu titik.
|
Permasalahan
dibalik
|
23.
|
38.
|
Siswa
dapat menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari gambar diagram
lingkaran yang disajikan.
|
34.
|
Siswa
dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk
diagram batang atau lingkaran.
|
Tambahan
indikator
|
24.
|
|
|
33.
|
Siswa
dapat menentukan diagram batang dari data yang
disajikan
dalam bentuk tabel.
|
Baru
|
25.
|
|
|
32.
|
Siswa
dapat menentukan banyak data pada diagram
lingkaran
yang disajikan (data dari persentase atau besar
sudut
tertentu).
|
Baru
|
26.
|
39.
|
Siswa
dapat menentukan nilai rata-rata dari
sekumpulan
data yang disediakan.
|
35.
|
Siswa
dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data (rentang banyak data 6 –
10 data).
|
Rentang
data ditentukan
|
27.
|
|
|
36.
|
Siswa
dapat menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel (banyak data
kurang dari 20 data).
|
Baru
|
28.
|
|
|
37.
|
Siswa
dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data
berbentuk
diagram batang
|
Baru
|
29.
|
|
|
38.
|
Siswa
dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang disajikan.
|
Baru
|
30.
|
|
|
40.
|
Siswa
dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah dari
data yang
disajikan.
|
Baru
|
2. IPA
No.
|
No.
indk
|
Kisi-Kisi
UN lama
|
No.
indk
|
Kisi-Kisi
UN baru
|
Keterangan
|
1.
|
1.
|
Disajikan
gambar hewan/tumbuhan tertentu, siswa dapat menjelaskan ciri khusus
yang ada pada hewan/tumbuhan tersebut.
|
1.
|
Siswa
dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/tumbuhan tertentu
|
Yang
ditanyakan fungsi ciri khusus
|
2.
|
2.
|
Disajikan
beberapa nama tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan
tumbuhan/hewan lain yang termasuk dalam kelompok itu.
|
2.
|
Disajikan
contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar
pengelompokan
dari tumbuhan/hewan tersebut
|
Yang
ditanyakan dasar pengelompokan
|
3.
|
4.
|
Siswa
dapat menentukan manfaat bagian dari tubuh hewan/tumbuhan tertentu bagi
manusia dan lingkungannya.
|
3.
|
Siswa
dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/lingkungan
|
Manfaat
hewan/tumbuhan secara keseluruhan bukan bagiannya
|
4.
|
3.
|
Disajikan
gambar tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya.
|
5.
|
Disajikan
gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya
|
Objeknya
tumbuhan/hewan
|
5.
|
|
|
6.
|
Siswa
dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia
|
Baru
|
6.
|
|
|
7.
|
Siswa
dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
|
Baru
|
7.
|
16.
|
Siswa
dapat menentukan peran makhluk hidup tertentu dalam suatu ekosistem.
|
10.
|
Siswa
dapat menentukan peran komponen ekosistem
berdasarkan
gambar rantai makanan
|
Fokus
peran dalam rantai makanan
|
8.
|
|
|
11.
|
Siswa
dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap
keseimbangan lingkungan
|
Baru
|
9.
|
20.
|
Siswa
dapat mengidentifikasi bentuk adaptasi pada hewan/ tumbuhan tertentu untuk
kelangsungan hidupnya.
|
12.
|
Siswa
dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu
|
Yang
ditanyakan Tujuan adaptasi
|
10.
|
13.
|
Siswa
dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan.
|
13.
|
Siswa
dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan strukturnya
|
Fungsi
organ berdasarkan strukturnya
|
11.
|
11.
|
Disajikan
gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menentukan fungsi organ atau
saluran
pencernaan
yang ditandai.
|
16.
|
Disajikan
gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang
dilakukan enzim/zat
pencernaan
yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
|
Fungsi
enzim
|
12.
|
15.
|
Siswa
dapat menjelaskan cara pencegahan
penyakit menular pada manusia.
|
20.
|
Siswa
dapat menjelaskan cara pecegahan salah
satu jenis penyakit pada manusia
|
Pencegahan
penyk menular dan tidak menular
|
13.
|
|
|
22.
|
Siswa
dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat
menyebutkan bahan dasar benda tertentu
|
Baru
|
14.
|
|
|
28.
|
Disajikan
gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut
|
Baru
|
15.
|
|
|
30.
|
Disajikan
gambar/ pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi
|
Baru
|
16.
|
29.
|
Disajikan
gambar rangkaian listrik terdiri dari beberapa lampu, siswa dapat menentukan
lampu yang menyala/tidak menyala jika salah satu lampu diputus.
|
32.
|
Disajikan
gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/mati jika
salah satu
saklar
diputus/disambung
|
Sakelar
buka/tutup dan pengaruhnya thd nyala lampu
|
17.
|
|
|
33.
|
Siswa
dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
|
Baru
|
18.
|
35.
|
Disajikan
pernyataan tentang pemanfaatan salah satu jenis sumber daya alam, siswa dapat
menentukan
jenis
sumber daya alam yang digunakan.
|
34.
|
Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber
daya alam
|
Manfaat
SDA
|
19.
|
36.
|
Siswa
dapat menyebutkan salah satu kegiatan yang dapat merusak kelestarian sumber
daya alam atau dapat menentukan cara untuk melestarikan sumber daya alam
|
35.
|
Siswa
dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan
bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
|
Fokus
pada kegiatan yang merusak/mengubah permukaan bumi
|
20.
|
|
|
36.
|
Siswa
dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui/ tidak
dapat diperbaharui.
|
Baru
|
21.
|
38.
|
Siswa
dapat menentukan urutan tata letak atau ciri-ciri planet dalam tata surya
|
37.
|
Menentukan
nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
|
Ditanyakan
nama/ciri-ciri planet
|
22.
|
|
|
39.
|
Siswa
dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau
menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan.
|
Baru
|
Bagi teman-teman guru, silakan
mencermati untuk mempersiapkan anak-anak agar tepat dalam belajar. Pengalaman
penulis soal-soal yang keluar di UN 100% dibuat berdasarkan Kisi-kisi tersebut.
Semoga bermanfaat.
Sumber: http://biosains08.wordpress.com/2011/12/22/bedah-kisi-kisi-un-sd-20112012/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar